Saturday, April 18, 2020

Manfaatkan Fasilitas Internet Sehat dan Aman

Adanya wacana mengenai internet sehat merupakan hal yang sangat positif terutama untuk anak-anak dan remaja. Dunia teknologi saat ini memang sudah semakin maju dan berkembang pesat. Hampir semua masyarakat menjadi ketergantungan dengan teknologi. Salah satu hal yang cukup mencolok adalah internet. Anda bisa menemukan internet dimana saja seperti ponsel type smartphone yang sudah bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau. Selain itu, hampir setiap tempat juga menyediakan layanan internet gratis. Ada banyak hal positif dari masuknya internet sampai ke belahan pelosok Indonesia. Namun, ternyata ada banyak juga dampak negatifnya. Hal itulah yang membuat internet menjadi salah satu ancaman terutama untuk perkembangan generasi muda saat ini.

Internet sehat bertujuan agar fasilitas internet koneksi semua kontennya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dunia online dan internet sangatlah bebas dan bisa digunakan selama 24 jam penuh non stop. Di dalamnya ada banyak sekali situs yang sebenarnya tidak pantas untuk dibuka apalagi dinikmati oleh anak-anak dan remaja. Seharusnya dunia anak dan remaja penuh dengan dunia bermain dan belajar. Selain itu, seharusnya mereka penuh rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitar seperti berkemah atau bergaul dengan sebayanya. Moment seperti ini sekarang menjadi cukup langka karena hampir semua usia sudah mengenal internet. Apa saja tersedia di website, online yang semuanya menggunakan jaringan internet.

Dengan adanya program internet sehat dan aman dari pemerintah maka konten buruk seperti cyberbullying, pornografi, judi, penipuan, pelecehan online dan berbagai macam kejahatan dalam dunia maya bisa diminimalisir. Indonesia adalah Negara ke 8 di dunia dengan pengguna internet terbanyak dan rata-rata dilakukan pada usia 15 hingga 19 tahun. Program ini ingin mengajarkan kepada masyarakat agar internet seharusnya digunakan dengan baik dan bertanggung jawab. Pembatasan konten untuk anak-anak dan remaja adalah hal mutlak karena usia seperti itu belum memiliki pemahaman yang cukup baik. Mereka baru saja ingin meniru apa yang dilihat dan rasa penasarannya sangat besar. Jangan sampai adanya internet malah membuat mereka kecanduan dan meninggalkan tanggung jawab sebagai pelajar.

Hal ini tentu saja sangat perlu kerja sama antara pemerintah dan semua golongan masyarakat Indonesia terlebih para orang tua. Banyaknya orang tua yang memanjakan anak-anak dengan gadget agar mereka tenang justru kurang baik. Dampak negatif dari penggunaan gadget dan internet sudah sangat terasa dan ini merupakan ancaman nyata. Gunakan situs pencarian khusus anak-anak dan remaja pada komputer dan ponsel Anda. Begitu juga dengan aplikasi lain yang terkadang memiliki jebakan karena berisi konten dewasa. Pilih gadget yang ramah anak dan remaja. Batasi penggunaan gadget dan galakkan program internet sehat demi generasi muda yang berkualitas. 

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    ReplyDelete